Analysis Of Consumer Preference To Price Strategies In The Retail Industry
Keywords:
Preference, Consumer, Industry, RetailAbstract
Globally, the retail sector is among the most vital and rapidly expanding economic industries. This sector includes everything from online stores to supermarkets and shopping complexes. (online commerce). The objective of this study is to examine the manner in which retail industry pricing strategies impact consumer preferences. This article employs a qualitative methodology in conducting library research or study. Comparing and differentiating various theories from the research literature in order to examine existing theories is the purpose of this article. It has been determined through literature evaluations of articles published in national and international periodicals that price strategy in the retail industry is positively impacted by consumer preferences
References
Afrianto, A.P. and Irwansyah, I. (2021) ‘Eksplorasi Kondisi Masyarakat Dalam Memilih Belanja Online Melalui Shopee Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia’, Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), pp. 10–29.
Bajari, A., Suryana, A., Wahyudin, U., Mulyana, S., & Rakhmaniar, A. Hate Speech Through Identity Politics On Social Media Ahead Of The 2024 Presidential Election Ujaran Kebencian Melalui Politik Identitas Di Media Sosial Pada Pemilu 2024.
BPFE. Yogyakarta.
Dani Putra. 2014. Pengaruh Strategi Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Pada Konsumen Matahari Department Store Yogyakarta. Skripsi.Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Darwis, E. G. (2017). Pengaruh brand image dan harga terhadap keputusan pembelian mobil toyota avanza pada PT.Hadji Kalla cabang alauddin Makassar. [Skripsi]. Makassar (ID): Universitas Islam UIN Alaudin Makassar.
Daryanto. (2011). Manajemen Pemasaran : Sari Kuliah. Bandung: Satu Nusa.
David, F. R. (2009). Manajemen Strategis. Jakarta: Salemba Empat.
Dewi, T. P. (2017). Pengaruh Harga, kualitas produk, dan Kualitas Layanan terhadap Keputusan Pembelian mobil Toyota di Nasmoco Melati Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Dinawan. (2010). Kualitas Produk : Alat Strategi Yang Penting. Jakara: Free Press PT Raja GrafindoPersada.
Erdiana, N. (2015). Analisis pengaruh kualitas produk, kesadaran merek, dan harga terhadap keputusan pembelian mobil honda di kota Semarang. [Skripsi]. Semarang (ID): Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Gitosudarmo Indriyo. 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi Kedua, Cetakan Kedua.
Hutri, Elvina Dwi, dan Yuliviona. 2022. Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Suzuki dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi kasus: pada pengguna sepeda motor di kota Padang).Irawan,
Jakarta.
Junaidi dan Maulida. 2020. Pengaruh Strategi Promosi Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Yang Dimediasi Oleh Minat Beli Kain Sasirangan Bordir. Jurnal Ilmiah Manajemen.4(2):152-162.
Kotler, K.(2009). Manajemen Pemasaran 1.Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga
Kotler, P dan Keller, 2013, Manajemen Pemasaran, Edisi Ketiga Belas. Jilid 1. Erlangga.
Kurniasih, N., Rakhmaniar, A., & Rachman, R. (2021). MENGEMBANGAN POTENSI ANAK USIA DINI MELALUI BUDAYA SUNDA. Jurnal Penelitian Sosial Ilmu Komunikasi, 5(1), 28-36.
Meme, Roswita, and Rafael Octavianus Byre. 2020. Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Yang Di Mediasi Oleh Minat Beli Konsumen Roxy Swalayan Ende.10(2): 1–13.Periyadi.
Nur Afrillita, T. (2013) ‘Analisis SWOT dalam menentukan strategi pemasaran sepeda motor pada PT. Samekarindo Indah di Samarinda’, Jurnal Administrasi Bisnis, 1(1), pp. 56–70.
Rakhmaniar, A. (2019). PENGARUH KOMUNIKASI INTERPERSONAL ORANG TUA TERHADAP PENYESUAIAN DIRI SISWA (Studi Kasus Pada Kelompok WIZ di SMA Negeri 10 Bandung) (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS PASUNDAN).
Rakhmaniar, A. (2021). HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA ORANG TUA DAN ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI AKADEMIK SISWA PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (PAUD) DI SEKOLAH ARVARDIA BANDUNG. Paradigma POLISTAAT: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 4(2), 121-138.
Rakhmaniar, A. (2022). Strategi Komunikasi Kesehatan Penanganan Covid-19. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 10-30.
Rakhmaniar, A. (2023). Analisis Naratif tentang Pengalaman Komunikasi Interpersonal pada Pasangan Muda. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(1), 124-142.
Rakhmaniar, A. (2023). Dinamika Komunikasi Nonverbal Dalam Interaksi Sosial Di Lingkungan Kerja: Studi Kasus Pada Perusahaan Startup. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(3), 285-297.
Rakhmaniar, A. (2023). Eksplorasi Pengaruh Kecemasan Sosial Terhadap Gaya Komunikasi Pada Mahasiswa: Pendekatan Grounded Theory. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(1), 80-94.
Rakhmaniar, A. (2023). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dan Efikasi Komunikasi Pada Pemimpin Organisasi: Studi Kasus Pada Perusahaan Manufactur Dikota Bandung. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 1(4), 52-63.
Rakhmaniar, A. (2023). Hubungan Antara Pola Komunikasi Dalam Keluarga Dan Tingkat Stres Pada Anak Remaja: Studi Kasus Anak Remaja Wilayah Kota Bandung. Jurnal Hukum dan Sosial Politik, 1(1), 223-239.
RAKHMANIAR, A. (2023). Komunikasi Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Covid-19.
Rakhmaniar, A. (2023). Komunikasi Terapeutik Pada Pasien Dengan Gangguan Mental: Studi Kualitatif Pada Psikoterapis. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(2), 292-306.
Rakhmaniar, A. (2023). Pemaknaan Pesan Dalam Komunikasi Digital: Studi Hermeneutik Pada Pengguna Media Sosial. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(3), 313-329.
Rakhmaniar, A. (2023). Peran Bahasa Tubuh Dalam Membangun Kepercayaan Pada Interaksi Pertama (Studi Etnometodologi Pada Remaja Kota Bandung). WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 1(4), 84-99.
Rakhmaniar, A. (2023). Peran Emosi dalam Komunikasi Antarbudaya: Study Etnografi pada Komunitas Multikultur. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 1(2), 281-297.
Rakhmaniar, A. (2023). Persepsi Komunikasi Dalam Keluarga Dengan Anak Berkebutuhan Khusus: Studi Fenomenologi. TUTURAN: Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial dan Humaniora, 1(4), 279-287.
Rakhmaniar, A. (2024). Analisis Kuantitatif Tentang Pengaruh Komunikasi Verbal Dan Nonverbal Dalam Proses Negosiasi Bisnis. SOSIAL: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPS, 2(1), 1-10.
Rakhmaniar, A. (2024). Komunikasi Krisis Dalam Organisasi: Analisis Naratif Tentang Pengelolaan Konflik Internal. RISOMA: Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 113-127.
Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh Lingkungan Sosial Terhadap Pola Komunikasi Remaja di Perkotaan:: Studi Kualitatif Pada Remaja Dikota Bandung. KONSENSUS: Jurnal Ilmu Pertahanan, Hukum dan Ilmu Komunikasi, 1(1), 11-25.
Rakhmaniar, A. (2024). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keterampilan Komunikasi Interpersonal Pada Remaja Kota Bandung. WISSEN: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 2(1), 239-249.
Rakhmaniar, A. (2024). Peran Komunikasi Interpersonal dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan: Studi Kuantitatif pada Industri Retail. Harmoni: Jurnal Ilmu Komunikasi dan Sosial, 2(3), 188-201.
Rakhmaniar, A., & Segarwati, Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce di Kampung Lukis Jelekong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 201-208.
Rakhmaniar, A., & Segarwati, Y. (2023). Pemanfaatan Aplikasi E-Commerce di Kampung Lukis Jelekong. Jurnal Pengabdian Masyarakat Formosa, 2(4), 201-208.
Rakhmaniar, A., Bajari, A., Setianti, Y., & Yustikasari, Y. (2023). HYBRID LEARNING IN EARLY CHILDHOOD EDUCATION IN THE COVID-19 ERA. Vegueta. Anuario de la Facultad de Geografía e Historia, 23, 1.
Rakhmaniar, A., Kustiman, E., Hermawan, V., Sonjaya, R., & Zahrah Nabila, Z. (2022). Kesiapan Lembaga Penyiaran TV Lokal di Jawa Barat Menghadapi Migrasi Digital (Analog Switch Off). BERSIAP MENGHADAPI ASO Memastikan Konten Sehat dan Moderat, 17-45.
Rakhmaniar, A., Sonjaya, R., Deni, M., & Damayanti, R. A. S. (2024). Peningkatan Kemampuan Berbicara di Depan Umum Melalui Pelatihan Public speaking pada SMA Pasundan 1 Kota Bandung. SAFARI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 4(3), 132-137.
Segarwati, Y., & Rakhmaniar, A. (2020). Etika Komunikasi Bisnis Budaya Italia Pada Perusahaan Leo Vince Di Indonesia. LINIMASA: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(1), 101-112.
Segarwati, Y., & Rakhmaniar, A. (2022). Strategi Humas Pemerintah Kota Bandung dalam Menangani Krisis Pandemi Covid-19. Jurnal Komunikasi Nusantara, 3(2), 119-128.
Segarwati, Y., & Rakhmaniar, A. (2023). Pengaruh promo shopee terhadap minat beli mahasiswa ilmu komunikasi FISIP Unpas. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi.
Segarwati, Y., Rakhmaniar, A., Azka, Z., Gunawan, I., & Jamaludin, M. (2023). Enhancing Brand Awareness in TikTok: The Impact of Marketing Communication on Social Media Platforms. Research Horizon, 3(5), 554-565.
Segarwati, Y., Rakhmaniar, A., Firman, N. S., & Ramdhan, R. (2022). DIGITAL LITERACY, CONTENT CREATOR: ASSISTANCE OF CREATIVE INDUSTRY PLAYERS THROUGH DIGITAL LITERACY FOR PAINTERS IN KAMPUNG LUKIS JELEKONG. Pasundan International of Community Services Journal (PICS-J), 4(1), 45-53.
Segarwati, Y., Sonjaya, R., & Rakhmaniar, A. (2022). Pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap prestasi belajar anak selama masa school from home (SFH) Pandemi Covid 19. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 298-313.
Segarwati, Y., Sonjaya, R., & Rakhmaniar, A. (2022). Pengaruh komunikasi interpersonal orang tua dan anak terhadap prestasi belajar anak selama masa school from home (SFH) Pandemi Covid 19. Linimasa: Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(2), 298-313.
Sonjaya, R., Rakhmaniar, A., Illahi, A. K., & Alfira, N. (2024). Organizational Culture and Communication in Implementing Nyantri, Nyunda and Nyakola Values in Paguyuban Pasundan. Journal of Law, Social Science and Humanities, 2(1), 25-37.
Sonjaya, R., Rakmaniar, A., Sari, I. P., Fahrul, A., & Muchtar, M. (2023). MSMEs CAPACITY BUILDING THROUGH DIGITAL LITERACY IN BUMDES MSMEsIN THE DISTRICT OF ROAD CAGAK SUBANG REGENCY. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 1082-1086.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Deni Ramdani, Ghina Ainaya Azzahra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.